personil band

Berawal dari acara Jazz to Campus yang diadakan di Gedung Serbaguna (GSG) kampus B Unair, aku dapat undangan berupa penampilan Yuri Honing Acoustic Quartet, tidak gratis tentunya, karena tiket dijual 20rb, cukup murah sih untuk ukuran mau lihat music jazz….:)

 

Selasa, 2 November 2010

Sesuai dengan jadwal, hari ini akan tampil di St Mary Ballroom-The Empire Palace, sebuah kelompok jazz akustik yang dimotori oleh Yuri Honing (Belanda). Acara ini berlabel Yuri Honing Accoustic Quartet, karena pemainnya terdiri dari 4 orang. Acara ini diadakan atas kerjasama Erasmus Huis dan Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Belanda (YPKIB).

 

Jam menunjukkan 7 malam tepat, aku pun berangkat ke lokasi, yang berada di daerah Embong Malang. Setelah memarkir sepeda motor, aku pun masuk menuju ruangan tempat acara berlangsung. Waktu masuk ke dalam, ruangan yang didominasi dengan warna putih tersebut sudah terisi cukup banyak, terutama tempat duduk bagian depan. Ternyata sudah ada beberapa temanku di sana yang sudah datang. Yah, akhirnya aku tidak dapat posisi terbaik, yakni di depan searah lurus dengan para pemain. Tapi tidak mengapa, toh aku juga dapat duduk di barisan kedua dari depan, walaupun berada di sebelah kanan panggung posisinya.

 

Kemudian acara pun dibuka oleh MC, sebagai pembuka ada band Surabaya All Stars yang untuk kesekian kalinya memainkan komposisi jazz yang menarik. Hanya dengan 2 lagu, mereka mampu menghangatkan suasana, karena lagu kedua mengaransemen lagu tradisional yang berjudul Jaran Kepang, tentunya dengan permainan solo dari masing-masing yang sangat memukau. Tapi sayang, sepertinya waktu tidak banyak, jadi hanya 2 lagu yang disajikan.

 

Sajian utama pun dimulai, ada 4 orang yang memainkan alat musik berbeda. Mereka adalah Yuri Honing (Saxophone), Wolfret Brederode (Piano), Frans van der Hoeven (Double Bass) dan Joost Lijbaart (Drums). Dengan semangat freedom, spiritualism and time yang mereka usung, mereka memainkan 8 lagu jazz berturut-turut secara instrumentalia dengan gaya yang unik dan manis, terutama pada posisi drum, yang terlihat menggunakan berbagai macam jenis alat pukul serta lat ritmis lainnya, serta pemain piano yang sesekali terlihat memetik senar di dalam body pianonya. Ada 2 lagu yang menurutku cukup menarik yaitu berjudul All I Need dan Rumanian Folksong, karena membuatku terbius tidak ingin mengambil gambar, tapi hanya mau mendengarkan saja dengan tenang..hehe…