Sabtu 4 Mei 2013, dengan beberapa rekan di kampus (Wanala), saya dan Echa mengunjungi Bang Ali di Pujon (Komunitas Balai Gunung Kawitan) untuk sekedar jalan dan survey, berkenaan dengan rencana baksos pembagian buku ke beberapa taman baca yang rencana dibuka, yang juga  masih di wilayah Pujon.

Kami berangkat dari Surabaya, sabtu malam dari kampus C Unair. Rekan Wanala yang ikut yakni Akhdan, Kadek, Rivo dan Dinar. Mereka adalah bagian dari pengurus, yang membawahi bidang pengmas. Jika rencana berjalan lancar, kami bersama-sama akan mengumpulkan buku layak baca, dan hasilnya akan kami sumbangkan ke Pujon. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Komunitas Insan Baca juga, yang mewadahi jaringan taman baca yang ada di Pujon.

Rumah di Wiyu
Rumah di Wiyu
Kebun di rumah Wiyu
Kebun di rumah Wiyu
Santai di rumah Bang Ali
Santai di rumah Bang Ali

Penerapan biogas juga bisa dilihat di kawasan desa ini, yang sebagian memang terkenal penghasil susu. Di kandang sapi, kotoran dikumpulkan dalan sebuah tempat, dicampur dengan air kemudian di aduk. Kemudian dialirkan melalui pipa, masuk ke tabung pengolah. Gas nya dialirkan dengan pipa lain, ke dapur untuk menghidupi kompor gas.

Sapi penghasil susu
Sapi penghasil susu
Kotoran sapi
Kotoran sapi
Penampungan kotoran sapi
Tempat menampung kotoran sapi
Beraksi bawa kotoran sapi, buat kompos
Beraksi bawa kotoran sapi, buat kompos

Sebelum perjalanan pulang yang cukup panjang, kami menyempatkan untuk menanam beberap pohon di jalan desa.

survey Pujon (25)

Perjalanan pulang, kami lewat Cangar. Pingin nya sih menikmati pemandangan selama perjalan pulang, tapi ban bocor yang dialami salah satu motor, membuat perjalanan pulang semakin menantang karena gelap gulita, jalan kelak kelok naik turun. Ban bocor kami alami 2 kali, di Jurang kuali sama di desa Sendi-Pacet. Sempat boncengan tiga malah selama perjalanan turun.

Sampai Surabaya jam 12 malem, padahal dari Batu kami turun jam 5 sore hehe, sempat berhenti di Krian untuk makan malam.

Semoga ke depan, buku terkumpul banyak dan bisa bermanfaat bagi taman baca di sana. Amin.