Yup akhirnya hari ketiga perjalanan kami. Masih di pulau merah tentunya saat pagi. Bangun kita sekitar jam 5.30, setelah beres-beres tenda kami jalan ke pantai, ya karena kemarin sore belum puas dan pagi ini serasa jadi milik kami ini pantai, karena sepi banget pengunjung. Hanya ada kami berdua dan 4 bule yang sedang mencari ombak bagus untuk surfing.

Setelah itu, kami coba berkeliling dengan motor ke sisi lain pantai, tepatnya di dekat tambang emas yang terkenal disana yakni tumpang pitu. Karena kawasannya tertutup bagi selain karyawan jadinya kami hanya melihat dari depan kompleks usahanya dimana dibagian depan banyak petugas yang berjaga dan parkiran motor karyawan, di kejauhan terlihat bukit-bukit yang masih menjulang yang mungkin itulah yang dinamakan tumpang pitu he (maklum gak sempetin nanya-nanya secara langsung).

pulau merah (54) day 3

pulau merah (55) day 3

Perkampungan di sekitar pantai pulau merah
Payung yang disewakan ke pengunjung
Salah satu warung yg bernuansa Bali
Sarapan sebelum menjelajah lagi :)
Sarapan sebelum menjelajah lagi🙂

Setelah puas menikmati sisi lain pantai, kami bersih diri. Kebetulan di sini banyak kamar mandi umum, dengan 2rb aja anda bisa mandi atau BAB sepuasnya haha.

Perjalanan akan dilanjut ke teluk ijo, yang berlokasi kurang lebih 1-1,5 jam perjalanan. Sebelumnya kami menyempatkan isi perut di warung sambil beli bensin untuk ditaruh di botol sebagai cadangan selama perjalanan. Keluar dari desa kami juga bertanya kepada penduduk arah tujuan kami selanjutnya. Karena kami tidak berbekal GPS, jadi tanya ke orang adalah jurus utama selama bikepacking🙂

Aspal yang bagus, menjadi kesan tersendiri selama meninggalkan pulau merah, hingga akhirnya kami masuk ke kebun coklat PTPN XII Sungai Lembu yang jalanan tanpa aspal mendominasi, untungnya scoopy kami tidak rewel dan tetap handal, ya paling-paling tangan jadi capek karena harus jaga kestabilan laju motor.

Jalan bebatuan kawasan PTPN

teluk ijo (108) day 3

Deretan pohon di PTPN XII Sungai lembu
Pos penjagaan (dekat rajegwesi)

Untuk memasuki kawasan teluk ijo, kita harus lapor dan bayar biaya ijin masuk kawasan (meru betiri). Untuk dua orang, 1 motor, serta kamera dikenakan kurang lebih 25-30rb an, entah rincian nya saya lupa. Setelah dari pos, perjalanan semakin susah karena bebatuan makin besar dan jalur yang sedikit menanjak. Tidak lama setelah itu, 10 menitan kami sampai di pos yang dijaga warga lokal untuk memarkir motor, di tempat ini merupakan jalur ke 3 tempat, yakni goa jepang (1km), teluk ijo (2km) dan teluk damai. Bayar parkir 3rb selanjutnya jalan kaki, oh ya di teluk ijo tidak diijinkan menginap kecuali jika ada ijin khusus misal kegiatan konservasi maupun penelitian. Dari lokasi parkir ke pantai, kita menempuh dengan jalan kaki selama 30-45 menit (jalanan naik turun), dengan beberapa titik tanjakan dan turunan cukup curam, sehingga ada tali tambang yang dipasang dan dapat digunakan untuk pegangan.

Setapak ke teluk ijo
Ini lah penampilan kuda jingkrak kami
Mengurus administrasi di pos jaga TN Meru Betiri
Pantai Batu
Teluk Ijo

Yang menarik dari teluk ijo adalah kawasannya masih bersih dan tidak terlalu ramai yang berkunjung. Mungkin karena akses yang susah dan memang sengaja tidak terlalu banyak publikasi. Berlokasi di kawasan konservasi, pantai ini memilki pasir yang lembut dan air yang sangat bening, nama ijo pun diambil dari kenyataan air laut di sana yang warna nya terlihat hijau. Untuk berenang tidak sembarangan sebaiknya, karena banyak karang di tepinya. Pantai ini memiliki hutan lebat di sekitarnya, sehingga keasrian dan keelokannya pun terjaga.

Teluk Damai

Balik dari teluk ijo, kami menyempatkan makan siang di sebuah warung dekat hutan pinus milik perhutani. Sajian tahu lontong dan es campur menambah semangat dan energi kami melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya, Alas Purwo🙂

Makan dulu, biar kembali fit