Yang namanya weekend, di otak pastinya sudah berpikir mau kemana ya??

Saya dan istri pun mengalaminya🙂, setelah ngobrol ngalor ngidul, akhirnya kita sepakat ke Bangkalan. Ya, salah satu kota di pulau Madura tersebut menjadi pilihan karena jarak yang dekat dari Surabaya sehingga tidak perlu bermalam.

Dua lokasi yang kami pilih adalah bukit Jaddih dan mercusuar Sembilangan, keduanya ada di Bangkalan. Kami ke sana menggunakan sepeda motor via jembatan Suramadu. Bukit Jaddih kami tempuh dari Surabaya pusat sekitar 45 menit, ketika sampai di lokasi pintu Suramadu sisi Madura sekitar 500 meter kiri jalan ada jalan kecil di belakang warung souvenir kita bisa lewati (khusus sepeda motor) untuk menuju akses desa Labang, kalau menggunakan mobil pasti tidak bisa (kita harus lewat kota Bangkalan).

Jpeg
Akses masuk ke kawasan bukit Jaddih

Lokasi bukit ini merupakan tambang batu kapur yang masih beroperasi, yang sebagian juga dibuka untuk wisata alam serta ada juga kolam renang. Untuk mencapai puncaknya kita bisa membawa kendaraan kita, setelah parkir kita hanya perlu jalan kaki 5 menit dan bisa segera berfoto-foto dengan view yang cukup bagus.

Jpeg
Tambang bukit Jaddih

 

Jpeg
Puncak bukit

IMG_20151213_082601

IMG_20151213_085730(1)

Jpeg
Kolam renang di kawasan bukit Jaddih

Selanjutnya, saya dan istri meluncur ke mercusuar Sembilangan. Berjarak sekitar 20km, kami tempuh sekitar 30 menit, jalanan aspal sangat bagus dan sepi, sehingga kami berdua sangat menikmatinya.

Mercusuar ini sekarang di tutup akses untuk naik sampai puncak, saya sudah tanya petugas yang jaga, info nya sih masih ada pembahasan di tingkat pusat mengenai aturan di lokasi dan siapa yang berhak mengelola (antara kemenhub atau TNI AL?). Dari sini kita bias melihat lalu lalang kapal cargo yang masuk ke Perak.

Setelah itu, kami kembali ke Surabaya lewat Kamal karena lokasi yang lebih dekat dibandingkan ke Suramadu.

Jpeg
Jalan menuju ke mercusuar Sembilangan (Jl. Raya Kramat)

 

Jpeg

Jpeg
Mercusuar (tampak belakang)